warmindodoi.comHallo sobat burjois, Pada siang hari matahari akan terasa sangat menyengat dan pastinya sedang panas panasnya, kebanyakan dari sobat nesia tentunya akan memilih untuk mengkonsumsi minuman yang dingin dan menyegarkan. Misalnya saja seperti es teh, es jeruk, es sirup, es cendol, es doger, hingga es lumut dari nutrijel.

Baru-baru ini, es lumut sempat viral di sosial media TikTok. Selain tampilannya yang menarik, es lumut ini juga mengandung gizi yang sangat baik untuk tubuh. Selain cara membuatnya yang mudah, bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Selain itu, es lumut juga bisa sobat nesia jadikan ide jualan juga.

Untuk sobat burjois yang sedang mencari resep es lumut nutrijel berikut kami bagikan bahan-bahan yang perlu sobat nesia siapkan:

Bahan-bahan dalam pembuatan es lumut nutrijel:

1. 1 sachet nutrijel rasa stobery kemasan 10 gr (sobat nesia bebas ingin memilih rasa apapun)
400 ml air

2. Pewarna merah secukupnya (boleh juga tidak menggunakan pewarna makanan)

3. Es batu ukuran sedang

4. Gula pasir sekitar 4-5 sendok makan

5. Susu evaporasi atau jika tidak ada bisa diganti dengan 2500 ml susu Uht full cream

6. Susu kental manis


Cara membuat es lumut nutrijel:

1. Masukkan 1 set nutrijel rasa stobery ke dalam wadah, kemudian tambahkan air ke dalam wadah sekitar 400 ml dan masukan juga gula pasir sekitar 4-5 sendok makan. Lalu aduk hingga merata. (sobat nesia bisa bisa menambahkan pewarna makanan agar warna jelly nya lebig gagus)


2. Masak larutan nutrijel di atas kompor hingga mendidih. Jangan lupa di aduk agar tidak menggumpal. Jika sudah mendidih, angkat wadah dan pindahkan dari atas kompor kemudian masukkan kedalam wajan yang berisi es batu ukuran sedang.


3. Aduk cepat menggunakan whisker agar hasilnya sempurna, atau bisa menggunakan sendok biasa.


4. Setelah itu masukan susu evaporasi atau Uht full cream ke dalam wajan, lalu tambahkan juga susu kental manis sesuai selera, aduk hingga rata.


5. Es lumut nutrijel siap untuk di sajikan


Jika untuk jualan, sobat burjois bisa menyiapkan wadah seperti botol atau standing pouch dan memberi label produk agar lebih menarik. Bagaimana, Mudah, bukan? Itulah tadi cara membuat es lumut nutrijel yang segar dan enak, Selamat mencoba.
 


Penulis
Wulan Sari